Tips Agar Bubuk Bawang Putih Tidak Menggumpal


Bumbu masak bubuk mungkin akan menjadi pilihan buat teman-teman dalam memasak. Namun kadang kala bumbu bubuk berubah bentuknya menjadi menggumpal jika tidak disimpan atau dipakai dengan benar. Salah satu bumbu bubuk yang paling cepat menggumpal adalah bubuk Bawang Putih.
Bubuk bawang putih sangat cepat menggumpal jika terkena udara luar. Saya mencoba menyiasatinya dengan memasukan sillica gel kedalam wadah bubuk bawang putih tapi tidak memberikan pengaruh apa-apa.
Trik ini bisa juga dipakai untuk bumbu bubuk lainnya untuk menyerap kelembaban yang ada. Sillica gel ini biasanya ada di dalam kemasan cemilan rumput laut. Jadi jika ada sillica gel jangan langsung dibuang, simpan sillica gel untuk keperluan lain.


Tips agar bubuk bawang putih tidak menggupal adalah sebagai berikut :
  1. Jika teman-teman membeli bubuk bawang putih jangan buka semua seal botolnya. Buka sedikit saja atau jangan sampai sealnya lepas semua. Seal ini akan membantu menghalau udara masuk kedalam wadah dan jangan lupa menutup wadah dengan rapat.
  2. Jangan menaburkan bumbu bubuk langsung diatas wajan atau panci yang panas. Uap panas  akan membuat bumbu lembab dan menggumpal
  3. Simpan di tempat yang sejuk dan kering.
Sekian tips kali ini saya bagikan, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua.

Comments